Wednesday, November 22, 2017

13 Manfaat dan Khasiat Daun Dewandaru Bagi Kesehatan

SHARE
Gambaran tentang Daun Dewandaru



Pohon Dewandaru (Eugenia uniflora) merupakan tumbuhan perdu dengan tinggi mencapai 5 meter dan hidup menahun. Batang pohon dewandaru tegak, berkayu, berbentuk bulat dengan kulit kayu berwarna coklat.

Daun dewandaru merupakan daun tunggal, berwarna hijau berbentuk lonjong dengan ujung dan pangkal yang meruncing. Daun berukuran sekitar 5 sentimeter dengan tepi daun yang rata dan pertulangan menyirip. Bunga tunggal dengan daun pelindung kecil berwarna hijau, mahkota bunga berwarna kuning sedangkan benang sari dan putik berwarna putih. Buahnya buni (bulat) dengan diameter sekitar 1,5 cm, berwarna merah. Bijinya kecil, keras, berwarna coklat. 


Dewandaru bagi beberapa orang memiliki unsur magis karena dari cerita-cerita pewayangan yang turun temurun, dan juga asal usul dari tanaman ini. Terlepas dari unsur magis yang diyakini oleh beberapa kalangan tersebut, pohon ini memang memiliki senyawa yang memang banyak memberikan manfaat, mulai dari akar hingga daunnya. Manfaat daun dewandaru untuk kesehatan nyatanya belum banyak di kenal oleh masyarakat jika dibandingkan dengan buahnya. Buah dewandaru sendiri telah lama di gunakan sebagai pengobatan herbal berbagai jenis penyakit. Namun, pada saat ini telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa daun dewandaru juga memiliki khasiat sebagimana buahnya.

Berikut adalah manfaat dan khasiat Daun Dewandaru bagi kesehatan, diantaranya :

1. Meningkatkan sistem imun tubuh
Berbagai kandungan dalam daun dewandaru yang telah di ungkap sebelumnya, di ketahui dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga tubuh tidak akan rentan terhadap serangan penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga berat seperti kanker dan lainnya.

2. Sebagai anti-radikal bebas
Daun dewandaru di ketahui memiliki kandungan antioksidan seperti senyawa karotenoid dan felonik, kedua kandungan tersebut akan menangkal keruksakan sel  yang biasanya di sebabakan oleh radikal bebas. Dengan mengonsumsinya secara teratur, maka dapat mencegah keruksakan sel dalam tubuh yang di sebabkan oleh radikal bebas.

3. Mengobati diare
Penyakit diare pada umumnya di sebabkan oleh adanya bakteri yang di sebabakan oleh pola hidup atau makanan yang tidak sehat. Namun anda bisa mengatasi permasalahan tersebut dengan mengonsumsi daun dewandaru secara teratur.

4. Penghilang rasa sakit
Khasiat daun dewandaru lainnya juga bisa di jadikan sebagai obat analgesik atau sebagai anestesi yang akan menekan rasa sakit  yang di timbulkan oleh berbagai jenis penyakit. Sehingga jika anda mengonsumsinya secara teratur, maka sama saja anda minum obat medis seperti asam mefenamat. Namun yag membedakannya adalah efek samping yang di timbulkan dari daun ini jauh lebih rendah.

5. Mengobati rematik
Pada usia lanjut, biasanya beberapa penyakit muncul karena semakin menurunnya fungsi organ tubuh akibat pertambahan usia. Dan salah satunya adalah rematik. Namun, kondisi tersebut bisa di atasi dengan ekstrak daun dewandaru dengan cara merebus atau menyeduhnya, untuk menghilangkan rasa sakit yang di sebabkan oleh rematik.

6. Menurunkan tekanan Darah
Apabila anda kini tengah mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi, anda bisa memanfaatkan daun dewandaru sebagai alternatifnya. Karena salah satu khasiatnya sendiri di ketahui mampu menormalkan tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi ramuannya setidaknya sehari sekali. Atau untuk lebih tepatnya, anda bisa mengonsumsinya terlebih dahulu dengan pakar herbal.

7. Menurunkan kolesterol
Selain tekanan darah tinggi, daun dewandaru ini juga ternya memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol yang tinggi. Meningginya kadar kolesterol di dalam tubuh biasanya di sebabkan oleh timbunan lemak jahat, yang mana jika di biarkan dapat membahayakan kondisi tubuh.

8. Melancarkan sistem pencernaan
Beberapa masalah pencernaan seperti sembelit atau usah BAB juga bisa di atasi dengan menggunakan daun dewandaru. Anda bisa mengonsumsi ekstrak daunnya di malam hari menjelang tidur, agar di pagi hari sistem pencernaan kita semakin lancar dan tidak susah BAB lagi.

9. Mencegah stroke
Beberapa di antara penyebab stroke adalah akibat tekanan darah maupun kolesterol yang begitu tinggi. Namun seperti yang telah di sampaikan sebelumnya bahwa daun ini mampu menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol tinggi sehingga secara otomatis mampu mencegah terjadinya stroke.

10. Mencegah kanker
Salah satu diantara penyebab kanker adalah radikal bebas. Namun dengan mengonsumsi air rebusan daun dewandaru secara rutin, maka penyebaran sel kanker di dalam tubuh dapat di cegah sedari dini.

11. Mengurangi rasa sakit gigi
Kandungan seperti minyak atsiri juga dimiliki oleh daun dewandaru ini. Dengan meminumnya atau membuatnya menjadi air untuk berkumur maka akan mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi. Dan khasiat lainnya akan mencegah peradangan yang ditimbulkan oleh sakit gigi.

12. Sebagai anti bakteri
Bakteri bisa mengakibatkan berbagai masalah di dalam tubuh, misalnya seperti masalah pencernaan dan lain-lain. Dengan meminum ekstrak dari daun dewandaru maka akan membunuh bakteri yang ada di dalam tubuh.

13. Mencegah osteoporosis
Kandungan yang ada di dalam daun dewandaru memang sangat berpengaruh lumayan banyak terhadap kesehatan tulang. Dan daun ini memang sangat bagus jika dikonsumsi oleh orang yang lanjut usia, karena mereka sangat rentan dengan penyakit seperti pengeroposan tulang karena faktor usia

Cara pengolahan daun dewandaru

Untuk pengolahannya, dengan cara di rebus atau di seduh. Untuk cara di rebus, anda bisa mengambil daun yang masih segar dan juga muda. Setelah itu cuci hingga bersih dan rebus bersama 3-5 gelas air dalam panci pemanas hingga tersisa hanya satu gelas air rebusan saja. Setelah itu saring, dan ambil hanya air rebusannya. Untuk menambah rasa dan aroma, anda bisa menambahkan sedikit gula batu atau madu ke dalamnya. Adapun untuk takaran mengonsumsinya, anda bisa menanyakan pada pakar herbal terlebih dahulu untuk mendapatkan takaran atau dosis yang tepat.

Terimakasih sudah membaca artikel yang sudah saya siapkan
SHARE

Author: verified_user

0 comments: